Di Sela Pandemi Corona, Disdik Madina Tetap Gelar Lomba Sains Nasional

Dinas Pendidikan Madina

topmetro.news – Dinas Pendidikan Madina (Mandailing Natal) menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Kompetisi Sains Nasional (KSN) dan Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk tingkat SD dan SMP Tingkat Kabupaten Madina, Selasa (15/12/2020), di Aula SMPN 1 Panyabungan.

Pantauan topmetro.news, hadir dalam acara penyerahan hadiah tersebut, Kadis Pendidikan Madina Drs H Gong Matua Nasution. Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Ade Elvia Nora SE, Korwil Dinas Pendidikan Madina dan kepala-kepala sekolah.

Pemenang KSN dan OSN

Juara II KSN mata pelajaran Matematika tingkat SD, Muthi Zain Prayogi dari SD 116 Percontohan | topmetro.news

Berdasarkan data topmetro.news, untuk juara I KSN mata pelajaran Matematika tingkat SD adalah Jihad Siregar dari SD 307 Sikumbu. Untuk juara II, Muthi Zain Prayogi SD 116 Percontohan. Serta juara III, Putri Hanisah SD 073 Jambur Padang Matinggi.

Lalu untuk OSN mata pelajaran IPS tingkat SD juara I jatuh kepada M. Farhan Rmb Nasution SD 081 Panyabungan. Juara II, Andrean Riski Pratama SD 193 Kotanopan. Kemudian, juara III Septian Pramanda SD 243 Alahankae.

Kemudian untuk juara KSN mata pelajatan matematika tingkat SMP, juara I yakni Ulil Hidayah SMP Negeri 1 Tambangan. Juara II Reza Putra Sahbana SMP Negeri 1 Batang Natal. Dan juara III Wardah Azizah SMP Negeri 4 Kotanopan.

Untuk pemenang OSN mata pelajaran IPS tingkat SMP, juara I yaitu Refa Maulana SMP Negeri I Sinunukan. Juara II Nur Halimah Nasution SMP Negeri I Panyabungan. Serta juara III Susi Olivia Silitonga SMP Negeri I Siabu.

Dan terakhir, untuk KSN IPA tingkat SMP juara I jatuh kepada Bunga Lestari SMP Negeri 2 Natal. Juara II Anisa Nur Azzahra SMP Negeri I Siabu. Kemudian juara III Bima Sakti Prayoga SMP Negeri 6 Natal.

Sementara itu Kadis Pendidikan Madina Drs H Gong Matua Nasution dalam pidatonya di hadapan seluruh undangan yang hadir menyampaikan, di saat pembelajaran secara daring karena Pendemi Covid-19 mereka masih bisa melaksanakan kegiatan KSN tingkat SD dan SMP.

“Di masa Pandemi Corona ini pembalajaran dilaksanakan secara daring, di sela-sela itu Dinas Pendidikan tetap mengadakan lomba sains nasional yang dilaksanakan secada daring,” ungkapnya.

Soal Tingkat Nasional

Gong juga menjelaskan terkait pembuatan soal untuk KSN tingkat SMP ini. Katanya, yang membuat soal tersebut langsung dari Kementerian Pendidikan dan Budaya Republik Indonesia.

“Walaupun anak-anak kita ini juara kabupaten tetapi mereka sudah teruji secara nasional. Karena soal-soal yang dibahas anak-anak pada KSN ini sudah secara nasional,” jelasnya.

Gong Matua merasa bangga kepada anak-anak yang bisa meraih juara pada KSN ini. Karena di masa pendemi corona anak-anak itu masih bisa meraih prestasi

“Di masa Pandemi Covid-19 anak-anak kita ini masih bisa menunjukan prestasi di kabupaten ini. Ini perlu kita apresiasi. Dan kepada anak-anak yang belum meraih juara kami berharap bersabar,” ujarnya.

Ke depan, kata Gong, ini akan terus diperhatikan. “Dan terus kita bina bagaimana nanti anak-anak kita ini bisa meraih juara tingkat provinsi maupun nasional,” katanya.

Dinas Pendidikan Madina akan memberikan cenderamata kepada anak yang berprestasi itu. “Sebagai pendorong bagaimana nanti mereka lebih semangat untuk mengikuti lomba-lomba baik tingkat provinsi dan nasional,” tandasnya

Sementara Kabid Dikdas Andriansyah Siregar melalui Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Ade Elvia Nora SE, manerangkan, KSN tingkat SMP ini pelaksanannya dilakukan secara daring. Soalnya langsung dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sedangkan untuk tingkat SD pelaksanaannya berlangsung secara tatap muka.

“Untuk panitia dan menyiapkan soal langsung dari Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Dan terkait pengunjukan pemenang KSN ini, juga langsung ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan,” terangnya.

reporter | Jeffry Barata Lubis

Related posts

Leave a Comment